PENYAKIT WASIR ITU APA ? DAN OBAT, PENGOBATANNYA

PENYAKIT WASIR ITU APA ? DAN OBAT, PENGOBATANNYA

 

PENYAKIT WASIR ITU APA ? DAN OBAT, PENGOBATANNYA


Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.

Pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat, ini disebut sebagai hemoroid internal. Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut sebagai hemoroid eksternal.

Wasir atau hemoroid adalah penyakit yang umum terjadi. Pada usia 50 tahun, hampir setengah orang dewasa menderita gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan. Ini bisa menandakan munculnya hemoroid.

Penderita Wasir atau Hemoroid di Indonesia

 

Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.
Berkonsultasi Kepada Dokter

Jika gejala yang muncul tidak membaik, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Terutama jika Anda mengalami pendarahan atau merasa perih. Gejala hemoroid biasanya hilang dengan sendirinya. Selain itu, kondisi ini bisa disembuhkan dengan pengobatan sederhana yang bisa dibeli di apotek tanpa memakai resep.

Dokter bisa mendiagnosis apakah Anda menderita hemoroid dengan menanyakan riwayat kesehatan dan juga melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan memeriksa saluran pembuangan Anda. Beberapa orang merasa enggan untuk bertemu dokter. Anda tidak perlu merasa malu, semua dokter sudah terbiasa dalam memeriksa dan manangani wasir, karena ini adalah penyakit yang sangat umum.

Gejala Wasir


Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umumnya ringan. Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali. Gejala yang sering kali muncul adalah:
  • Pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah akan merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan sensitif. Benjolan ini biasanya didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Mengalami gatal-gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.

Hemoroid internal adalah pembengkakan kecil pada pembuluh darah yang ada di bagian atas kanal anus, atau di dinding dalam rektum. Di bagian ini saraf untuk rangsang nyeri sedikit, sehingga penderita hemoroid biasanya tidak menyadari. Tapi bisa juga pembuluh yang membengkak besar hingga menonjol keluar dari anus. Jika sampai keluar dari anus dan ditekan otot kanal anus, kondisi ini bisa sangat menyakitkan. Terlebih lagi, jika aliran darah menuju hemoroid terhenti.

Hemoroid eksternal adalah hemoroid yang muncul di bagian bawah kanal anus, dekat lubang anus. Di area ini, saraf untuk rangsang nyeri cukup banyak. Hemoroid ini terasa gatal dan juga bisa berdarah dan menggumpal di bawah kulit. Ini menimbulkan benjolan yang keras dan menyakitkan.
Klasifikasi Hemoroid

Hemoroid bisa digolongkan lebih jauh lagi tergantung kepada ukuran dan tingkat keparahannya:
  •  Tingkat satu: pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.
  • Tingkat kedua: pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat Anda buang air besar dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selesai buang air.
  • Tingkat ketiga: satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa didorong untuk masuk kembali.
  • Tingkat keempat: benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.
Jika Anda mengalami gejala hemoroid yang parah, konsultasikan kepada dokter. Pemeriksaan pendarahan rektum harus dilakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.

Penyebab wasir


Penyebab sebenarnya dari wasir atau hemoroid masih belum jelas. Tapi pada kebanyakan kasus yang ada, diperkirakan ada kaitan kuat dengan meningkatnya tekanan dalam aliran darah di dalam atau di sekitar anus. Tekanan inilah yang menyebabkan pembuluh darah pada bokong membengkak atau mengalami peradangan.

Orang-orang yang Berisiko Terkena Hemoroid

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena wasir atau hemoroid.
  • Penyakit konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Melakukan seks anal.
  • Diare yang berkepanjangan.
  • Riwayat kesehatan keluarga dengan hemoroid, menjadikan Anda lebih berisiko menderita wasir atau hemoroid.
  • Terlalu sering duduk dalam waktu lama.
  • Batuk dan muntah-muntah yang berkelanjutan.
  • Sering mengangkat beban berat.
  • Kehamilan sebagai kondisi yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di panggul. Pembuluh darah akan membesar dan hemoroid akan muncul. Hemoroid biasanya akan sembuh setelah Anda melahirkan.
  • Bertambahnya usia. Saat usia semakin menua, jaringan penopang tubuh semakin lemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena hemoroid.

Obat & Pengobatan


Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.
Apa saja pilihan pengobatan saya untuk wasir?

Beberapa wasir dapat sembuh sendiri. Namun beberapa wasir dapat menyebabkan gejala yang membutuhkan terapi. Pilihan perawatan atau obat wasir yaitu:

1. Menggunakan makanan penambah serat

Penambah serat seperti psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel) dapat membantu pengeluaran feses Anda dan mengobati sembelit.

2. Obat wasir

Obat wasir dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat wasir.

3. Operasi pengangkatan wasir

Operasi angkat wasir disebut juga dengan hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien ini. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya. Waktu pemulihan biasanya sekitar 2 minggu, tapi mungkin butuh waktu sekitar 3-6 minggu sampai Anda bisa beraktivitas normal lagi.

4. Prosedur medis selain operasi hemoroidektomi

  •  Trombektomi ambeien eksternal

Jika gumpalan darah yang menyakitkan (trombosis) terbentuk di dalam ambeien eksternal, dokter Anda akan melakukan sayatan dan drainase sederhana, untuk  menghilangkan gumpalan darah. Prosedur ini paling efektif dilakukan dalam waktu 72 jam setelah berkembangnya gumpalan darah.
  •  Ligasi pita karet
Dokter akan mengikat satu atau dua pita karet kecil di area sekitar ambeien internal untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu Anda menjalankan prosedur ini.

Cara mengobati  ambeien yang satu ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan pembiusan. Pasien dapat kembali beraktivitas normal keesokan harinya.

Rasa tidak nyaman, nyeri, dan perdarahan mungkin akan muncul 2-4 hari setelah melakukan prosedur ini. Namun, ini jarang menyebabkan komplikasi ambeien yang parah.

  • Suntikan (skleroterapi)

Pada prosedur mengobati ambeien ini, larutan kimia khusus akan disuntikkan ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa pada lokasi penyuntikan. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran ambeien akan mengecil atau menyusut.

  • Koagulasi dengan inframerah, laser, atau bipolar

Teknik koagulasi ini menggunakan sinar laser atau inframerah dapat dilakukan untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur ini berfungsi untuk memotong aliran darah.

Namun, prosedur ini juga dapat membuat ambeien muncul kembali (kambuh), berlaku jika dibandingkan dengan prosedur ligasi pita karet. Selain itu, prosedur ini dapat menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman.

Baca Info : OBAT WASIR BERDARAH  DI APOTIK

Apakah ada obat wasir alami?


Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda coba sebagai pendukung obat wasir. Sayangnya, masih belum terbukti seberapa efektif bahan-bahan tersebut dalam mengatasi wasir.

1. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu obat wasir alami yang bisa Anda gunakan. Caranya mudah, cukup dengan merendam kapas pada sari cuka apel, lalu oleskan perlahan ke daerah wasir. Ulangi proses ini sampai peradangan menghilang dan rasa sakit mereda. Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka apel saat membilas bagian anus ketika Anda mandi.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat antiradang. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat wasir alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien di anus.

Kandungan arakuinon pada lidah buaya mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih feses pada usus akan lebih mudah bergerak, mencegah penyumbatan yang akan jadi penyebab ambeien.

3. Bawang putih

Bawang putih atau allium sativum ternyata juga bisa menjadi obat wasir alami. Bawang putih sangat kaya akan kandungan belerang, yang mengandung asam amino, mineral, serta enzim seperti allinase, peroksidase, dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat antiradang dan antibakteri.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Untuk mengobati ambeien, bawang putih bisa dioleskan langsung ke daerah yang terkena, atau juga dapat dimakan secara mentah sebagai obat wasir alami.

4. Kulit pohon ek putih

Mungkin Anda jarang mengenal nama kulit ek putih, tapi jika Anda mencari di toko herbal, ek putih mudah untuk ditemukan. Obat wasir alami yang satu ini berasal dari kulit kayu ek yang berwarna putih dan dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat kuat yang berguna untuk mengobati wasir internal dan eksternal.

Kulit kayu ek putih memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatik yang mampu mengurangi gejala ambeien pada tingkatan parah hingga ambeien tesebut mengeluarkan darah. Tingginya kandungan kalsium dan tanin dari kulit kayu ek dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus. Selain itu, ekstrak kulit kayu ek putih memiliki efek pembersihan pada permukaan mukosa yang bengkak dan sakit, sehingga bisa meredakan gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Kulit pohon ek putih biasanya direbus atau dikukus untuk menghasilkan cairan yang dapat dioleskan pada daerah anus yang terdapat ambeien atau dijadikan teh herbal sebagai obat wasir alami.
5. Akar batu

Akar batu juga dikenal dengan nama collinsonia canadensis. Racikan minuman tanaman akar batu ini dapat bermanfaat untuk mengurangi ambeien dan mengurangi tekanan yang terlalu besar pada pembuluh darah pada bagian anus. Efek ini mengurangi peradangan wasir dan bahkan bisa mencegah varises.

Tanaman ini juga dikenal dengan sifat zat diuretik, antioksidan, antikejang, astringent, tonik, dan sifat sedatif. Zat tersebut berguna untuk melindungi dan memperkuat lapisan usus serta pembuluh darah pada dinding anus.

Cara pemakaian akar batu sebagai obat wasir alami adalah dengan menggunakan ekstrak air akar batu yang telah direbus dapat dioleskan langsung pada anus yang ambeien.
Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk wasir?

Untuk mendiagnosis wasir dengan tepat, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan berikut ini:

  • Cek riwayat medis dan pemeriksaan fisik.
  • Pemeriksaan pada daerah dalam saluran anus Anda. Biasanya pemeriksaan ini menggunakan alat medis untuk melihat bagian dalam anus Anda (anoscope, protoscope, atau sigmoidoscope).

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan-perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi wasir?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi wasir

  • Konsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air.
  • Duduk di bak mandi berisi air hangat selama 10 menit beberapa kali dalam sehari
  • Banyak olahraga.
  • Jagalah agar area anus tetap bersih.
  • Jangan gunakan kertas pembersih toilet kering. Untuk menjaga kebersihan daerah anus setelah BAB, gunakan handuk kecil lembap atau kertas pembersih toilet basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol.
  • Gunakan es. Kompres dingin anus Anda dengan menggunakan kantong es untuk meredakan bengkak.

Makan untuk mencegah ambeien di rumah


1. Serat larut

Serat ini lengket dan lembut, seperti gel sehingga dapat menyerap air. Ini membuat feses menjadi lebih lembut, terbentuk dengan baik, dan mudah melewati anus ketika dikeluarkan. Anda yang mengonsumsi banyak serat jenis ini akan terhindar dari sembelit.

Anda yang memiliki ambeien pasti sangat kesulitan saat BAB (sembelit). Oleh sebab itu, makanan yang mengandung banyak serat seperti ini dapat mengurangi sembelit yang dirasakan dan mengurangi iritasi yang terjadi ketika buang air.

2. Serat tidak larut

Jenis serat ini memiliki sifat yang tidak larut dalam air sehingga tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan. Ini membantu menjaga sistem pencernaan karena menyeimbangkan zat kimia di usus.

Makanan yang tinggi serat biasanya memiliki kedua jenis serat ini bersamaan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi serat terlalu cepat juga tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, perut Anda akan merasa penuh dan lebih mudah buang gas. Oleh karena itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan guna menyeimbangkan serat tersebut.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, dalam kondisi normal tubuh membutuhkan sekitar 37 sampai 38 gram serat per hari untuk yang berumur 18-50 tahun. Bila Anda memiliki ambeien, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan takaran serat yang Anda butuhkan per hari sesuai dengan kondisi Anda.

Ada banyak makanan yang mengandung tinggi serat, misalnya kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, dan kacang lentil.

Makanan dari biji-bijian juga kaya akan serat tidak larut. Anda dengan mudah menemukan makanan dari biji-bijian pada oatmeal (bubur gandum), jagung, roti, atau biskuit yang terbuat dari dari tepung gandum.

3. Sayur dan buah

Makanan ini sangat direkomendasikan untuk kesehatan tubuh, apalagi bila sedang sakit. Beberapa sayuran yang kaya akan flavonoid dan kaya serat biasanya memiliki daun yang berwarna hijau gelap. Misalnya brokoli, bayam, kubis, dan kangkung.

Sementara untuk sayuran Anda dapat mengonsumsi buah anggur, apel, stroberi, pisang, kurma, tomat, atau ceri. Makanan yang mengandung banyak air juga bisa Anda konsumsi. Misalnya mentimun, seledri, semangka, dan lain-lain.

Obat wasir Alami Ambeejos De Nature 

Dengan hal ini tentu menjadi salah satu alternatif yang tepat sebagai pengobatan wasir tanpa operasi yang Anda alami. Obat wasir alami dari de nature juga dikenal aman untuk mengatasi wasir pada ibu hamil dan ibu menyusuimampu menyembuhkan penyakit wasir dalam waktu 5-7 hari atau maksimalnya 1-2 minggu jika tergolong dalam jenis wasir berat.

OBATI PENYAKIT WASIR ATAU AMBEIEN DENGAN 

OBAT HERBAL DARI DE NATURE

 TERDAFTAR DI BPOM RI


PAKET HEMAT OBAT WASIR HERBAL DE NATURE
Stadium 1-2 (Ambejoss + Zaitop)
1 Pkt Ambejoss + Zaitop Rp. 295.000
2 Pkt Ambejoss + Zaitop Rp. 550.000
4 Pkt Ambejoss + Zaitop Rp. 1.000.000


PENYAKIT WASIR ITU APA ? DAN OBAT, PENGOBATANNYA



Stadium 3-4 (Ambejoss + Zaitop + Salep Salwa)
1 Pkt Ambejoss + Zaitop + Salwa Rp. 395.000
2 Pkt Ambejoss + Zaitop + Salwa Rp. 750.000
4 Pkt Ambejoss + Zaitop + Salwa Rp. 1.400.000


“Masing – Masing Harga Obat Di Atas, Belum Termasuk Ongkir”

Obat wasir herbal dari De Nature menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit wasiratau ambeien yang anda derita secara alami. Seperti yang kita ketahui, pengobatan alami dikenal lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
“Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil atau Ibu Menyusui Yang Menderita Penyakit Wasir atau Ambeien”
Salah satu kandungan yang terdapat dalam obat herbal De Nature yaitu seperti ekstrak daun ungu, daun binahong, mahkota dewa, kunyit putih dan minyak zaitun yang bisa membantu mengatasi gejala wasir serta menjaga stamina maupun kesehatan penderita wasir.
Khasiat obat wasir herbal dari De Nature :
  • Ampuh Mengatasi Wasir dan Gejalanya
  • Membantu Mengobati Wasir Berdarah
  • Membantu Menghilangkan Benjolan Ambeien
  • Membantu Mengatasi Nyeri Akibat Wasir
  • Membantu Menyembuhkan Wasir Tanpa Operasi
Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:
  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Sertifikat ISO, diamana mutu dan kualiutas produk sudah berstandar internasional
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai alur CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik Dan Benar)

Keuntungan Menggunakan Produk Kami

Dengan melihat produk yang kami miliki, tentunya banyak keuntungan masing-masing yang mencobanya, diantaranya yaitu sebagai berikut :
  • Karena bahanya terbuat dari bahan alami tentunya tidak memiliki efek samping
  • Lebih terjangkau atau hemat biaya.
  • Proses penyembuhan cepat minimal 1-2 minggu, dan maksimal 2-4 minggu insyaalloh wasir dapat disembuhkan.
  • Produk kami yang telah di pesan, dikirim ke rumah menggunakan jasa via TIKIJNEJ&T dan POS.
  • 100% Privasi anda Aman

TESTIMONI PEMESANAN

TESTIMONI OBAT WASIR
TESTIMONI OBAT WASIR AMBEJOSS


*FORMAT PEMESANAN*

NAMA # ALAMAT # NO. TLP # OBAT YANG DIPESAN # TUJUAN PEMBAYARAN (BCA/BRI) 
NO. REK CV. DE NATURE

*KIRIM KE CUSTOMER SERVICE KAMI*




Customer Service Kami Akan Memandu Anda Untuk Proses Selanjutnya

Baca Juga :  





Komentar